BETERNAK BEBEK

0001
Disini saya ingin memberi pandangan usaha kepada agan2 yang bingung mau bisnis/ usaha apa yang minim resiko dan bisa dkerjakan sendiri
yaitu ternak bebek secara intensif full kering tanpa angon. tinggal kasih makan dan ambil hasilnya tiap pagi.
semua pengeluaran terperinci dan keuntungan bisa terlihat setiap hari.
cashflow sangat lancar karena rata pembeli telur bebek bayar cash.
dan ini lah kenapa memilih ternak bebek petelur:
. kebutuhan telur yang sangat tinggi jadi tidak perlu repot untuk memasarkan hasil ternak.
· Pemeliharaan yang mudah1tenaga kerja sudah bisa menghandel 1000ekor lebih bebek petelur.
. pakan mudah didapat karena pakan utama bebek petelor adalah bekatul dan konsentrat bebek petelur
· Setelah masa afkir bisa dijual lagi, dan harga bebek afkir saat ini lumayan tinggi jd kedepan untuk mengganti dengan bebek muda yang siap telur cukup menambahkan sdikit dana.
· Tiap hari Untung rugi dalam beternak bisa langsung terlihat,karena tinggal mengkalkulasi jumlah telor yang dihasilkan
· Daya produksi bebek yang relatif lama, rata2 bisa produksi 1thn baru di afkir
Trik –trik pemeliharaan bebek petelor untuk 500ek0r:
· Kandang :
1. Untuk tiap 100 ekor bebek. Luas kandang yang ideal minimal 6m x 7m. 500ekor bebek : 6m x (7m x 5) = 6m x 35m Smakin luas kandang smakin baik
2. Kandang sbaiknya dibuat full atap tertutup baik dengan genteng ataupun asbes agar bebek bertelur stabil, dan tidak terganggu cuaca.
uaca
3. membeli bebek siap telur yang berkualitas.
tentu hal ini menjadi perkara yangsulit bagi peternak pemula karena disini lah tingkat yang paling sulit untuk membedakan bebek yang siap telur dengan yang belum berumur cukup . oleh karena itu kami disini siap membantu menyediakan bebek siap telur yang bisa cepat memberikan keuntungan kepada saudara peternak
kalkulasi modal :
Bebek 500ekor x 75rb = 37,5 jt
Pakan rata2 bebek sehari 12kg untuk 100ekor,
500 ekor bebek jumlah pakan yang dibutuhkan tiap hari
12 x 5 = 60kg
Dengan perbandingan 40 kg bekatul : 20 kg konsentrat petelur
· Pakan shari= ( harga bekatul rata2 : 2800/kg x 40 )+ (konsentrat rata2: 8000/kg x 20)
= 112+160
= 272rb
asil telor rata2 untuk bebek adalah 80% bahkan lebih
hasil telor tiap hari 500 x 80% = 400butir.
Sekarang harga telor dipasaran rata2 1500-1600per butir.
Kita hitung kemungkinan terburuk harga 1400/btir
· Keuntungan kita = (jumlah telur tiap hari – jumlah pakan)
= (400 btr x 1400(harga telor))- 272
= 560rb-272rb
=288rb
Untuk ternak 500ekor Tiap bulan kita bisa dpat hasil:
288
rb x 30hr = 8.640.000
Untung kotor Tiap tahun :
8,64 jt x 12 = 103,680,000
· Dan stelah 1 tahun kita harus meremajakan bebek kita agar bisa tetap bertelur maksimal. tapi kita masih mempunyai bebek yang sudah kurang produktif harus kita afkir dan dapat ditukar dengan bebek bayah yang siap telor lagi.
Harga rata2 bebek afkir 45rb,kita hitung kemungkinan paling buruk 40rb/ ekor
500 x 40rb = 20jt
Total keuntungan bersih kita tiap tahun=
=(keuntungan kotor 1tahun +total penjualan afkir )- harga bebek bayah siap telur
=(103,68jt + 20jt) – 37.5jt
= 123,68jt-37,5jt
= 66,18jt

( jadi kita masih dapat untung 66,18jt/tahun dan bebek kita sdah berganti bebek yang produktif lagi)
Menurut kalkulasi diatas bisa kita lihat kalau ternak bebek petelur masih cukup menjanjikan dan dapat dijadikan penopang hidup ataupun untuk usaha sampingan, bisa jg dijadikan passive income karena semua serba mudah dan bisa kita pekerjakan kepada orang lain,

bisa dibayangkan jika bebek yang kita pelihara jumlahnya lebih dari 500ekor, tentu pemasukan lebih besar lagi
lapalagi au kita bisa me membuat nilai tambah dari hasil ternak bebek, contohnya
1. mengolah telur bebek menjadi telur asin
2. menjual langsung telur kita ke pedagang telur asin, pembuat martabak, dapat saya pastikan harga lebih stabil daripada jual ke pedagang yang blum end user
3. menjual telur ke penetas dod, dengan cara menambahi pejantan diternak kita, biasanya selisih 250rp per butir lbh tinggi drpd harga konsumsi
4. menjual kotoran bebek kita, lumayan bisa bayar tenaga kerja

Untuk teman2 yasaudara yang mempunyai jiwa entrepreneur tentu tidak ingin melewatkan usaha ini untuk segera take action.

Cara Budidaya Bebek Atau Itik Pedaging Cepat Besar

Cara Budidaya Bebek Atau Itik Pedaging Cepat Besar – Budidaya penggemukan bebek pedaging memiliki potensi yang sangat besar untuk bisnis, karena permintaan akan daging unggas jenis ini terus meningkat dan juga tergolong sangat besar. Dengan menggunakan pola peternakan organik diharapkan membantu dalam peningkatan produk ternak yang lebih sehat dan menguntungkan.
Cara Ternak Unggas Bebek Pedaging
Cara berternak bebek agar cepat besar sebenarnya bukanlah hal yang sulit, juga bukan hal yang mudah, namun dengan mengetahui serta menguasai teknik penggemukan yang tepat guna, di harapkan membawa kesejahteraan peternak bebek di Indonesia. Budidaya bebek pedaging menggunakan pola organik adalah pilihan tepat untuk mempercepat pertumbuhan unggas yang di usahakan.
Langkah-Langkah Penggemukan Bebek Pedaging :
Sebelum memulai beternak bebek pedaging sebaiknya mempelajari beberapa teknik dasar penggemukan adalah sangat penting !, Faktor sukses dan tidaknya dalam budidaya bebek sangat bergantung dari teknis yang dikuasai. Langkah atau cara awal budidaya bebek yang harus di perhatikan adalah sebagai berikut:
* Pemilihan bibit yang baik ( Bibit Unggul)
* Komposisi pakan yang seimbang
* Sistem kandang yang nyaman bagi ternak
* Pengendalian penyakit unggas
* Penanganan pasca panen
Cara Memilih Bibit Bebek Pedaging Yang Baik :
Proses pemilihan bibit bebek ( Itik ) unggul memiliki peran sangat penting bagi peternak bebek pedaging, untuk meraih keuntungan budidaya bebek potong sebaiknya pemilihan bibit bebek jantan. Kunci sukses budidaya bebek pedaging adalah memilih bibit ( Anak itik jantan ) karena faktor kecepatan pertumbuhan bebek jantan lebih unggul jika dibandingkan bebek betina. harga bibit bebek jantan juga lebih murah jika dibandingkan dengan bebek betina.
Komposisi Pakan Bebek Yang Seimbang:
Kecukupan pakan yang berkualitas dari segi nilai gizi akan mempercepat pertumbuhan unggas bebek lebih bongsor, sehat dan tahan penyakit. Pemberian pakan buatan sendiri (dedak / bekatul, bekicot + tepung cangkang, tepung jagung, tepung ikan, tepung bulu unggas) penggunaan dan penambahan batang pisang, daun pepaya, daun mengkudu serta sayur-sayuran sebagai penunjang serat organik lebih unggul & lebih murah jika di bandingkan dengan pakan buatan pabrikan. Faktor cuaca dan suhu tempat budidaya unggas bebek sangat berpengaruh akan keseimbangan komposisi, baik itu nilai serat, protein dan karbohidrat-nya. Pemberian suplemen sangat di perlukan untuk menjaga kesehatan dan mempercepat pertumbuhan Bebek.
Kandang Bebek Pedaging Yang Baik:
Cara membuat kandang bebek yang baik adalah berdasarkan besar dan kecilnya anggaran yang anda miliki, untuk sistem kandang bebek pedaging sebaiknya menggunakan kandang panggung dengan menghadap arah matahari terbit. Kelebihan kandang panggung adalah sangat baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bebek pedaging. Namun jika anda menggunakan kandang lantai non panggung , sebaiknya penggunaan lapisan pasir, kapur dan sekam padi sangat penting , fungsi kapur adalah penting untuk menjaga PH tanah, mengendalikan penyakit serta proses penyerapan kotoran bebek lebih baik. Dengan menambahkan kapur serta sekam padi yang telah bercampur dengan kotoran bebek , setelah masa 3 – 5 tahun mempunyai manfaat besar untuk digunakan sebagai bahan pembuatan Bokashi ( Pupuk Organik) .

 

Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Up ↑

Riadlul Jannah NW

Pokoknya NW, Pokoknya NW, Pokok NW Iman dan Taqwa

amiq ula

Bau besi,bau asaq

Beriut Tairi wisata

Mungkuk Bayata

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.